Selomangleng Run 2024, Lomba Lari di Antara Keindahan Kediri

KEDIRI – Dalam rangkaian acara hari jadi Kota Kediri ke -1142, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) bekerjasama dengan PT Global Citra Media menyelenggarakan even lomba lari Marathon Selomangleng Run 2024.

Kepala Disbudparpora Kota Kediri Zachrie Achmad mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh pihak panitia tim penyelenggara terkait rencana kegiatan lomba Marathon Selomangleng Run 2024 bertema merayakan Kekayaan dan Keindahan Kota Kediri.

“Tujuannya ingin mengangkat Kota Kediri. Apa yang dimiliki oleh Kota Kediri Kita tawarkan kepada tim penyelenggara PT Global Citra Media. Ternyata tim penyelenggara setuju sehingga nanti apa yang menjadi kekayaan lokal Kota Kediri kita angkat melalui kegiatan Selomangleng Run 2024,” terangnya Jumat 26 April 2024.

Karena event ini berskala Nasional Zachrie Achmad berharap masyarakat dari luar yang masuk ke Kota Kediri bisa tahu tentang kultur budaya, pariwisata dan kuliner di Kota Kediri.

“Dari situ kita telah menyiapkan beberapa informasi yang dibutuhkan oleh para wisatawan. Lalu terjadi perputaran ekonomi yang dampaknya bisa berkembang dan dirasakan oleh masyarakat.”

Dalam even ini pihak penyelenggara pasang target 2500 peserta akan dilibatkan ikut ambil bagian Selomangleng Run 2024.”Tadi dari penyelenggara targetnya 2500 peserta, Saya yakin, karena kemarin juga pernah diadakan targetnya hanya 2000, tapi pendaftaran begitu dibuka satu Minggu sudah terpenuhi,” ungkapnya.

Tidak hanya sekedar lomba marathon, para peserta Selomangleng Run 2024 akan di bawah dalam perjalanan mengesankan melalui Landmark sejarah dan ikonik Kota Kediri termasuk rute yang memesona melintasi empat jembatan utama di atas sungai Brantas.

“Selomangleng Run 2024 bukan hanya sekedar lomba marathon acara ini adalah sebuah perjalanan untuk mengetahui sejarah, budaya dan keindahan alam Kota Kediri. Melalui event ini peserta dapat merasakan keberagaman Kota Kediri mulai dari situs sejarah hingga kuliner khas yang memukau,” katanya.

Sementara itu Djarot Saksono selaku tim penyelenggara menjelaskan ada beberapa kategori lari marathon yang ikut dilombakan. Di antaranya jarak 6 kilo meter, 10 kilometer, dan 21 kilo meter. Perlombaan akan berlangsung pada tanggal 28 Juli 2024. Selomangleng Run 2024 dimulai start dari wisata area Goa Selomangleng kemudian balik lagi berakhir ke tempat semula.

“Tapi yang kita tawarkan di Kota Kediri pada even ini nantinya peserta marathon akan melewati 4 jembatan. Menurut tim kami melewati 4 jembatan itu belum pernah ada lomba lari Half Marathon. Kemudian ada titik lagi dari lokasi akan kita angkat kultur budayanya,” tuturnya.

Sumber:
https://www.ngopibareng.id/read/selomangleng-run-2024-lomba-lari-di-antara-keindahan-kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here